Case Studies

THE TASK

Di awal tahun 2000-an beberapa brand besar mendapat tantangan serius dari pendatang baru dan pesaing, termasuk Indomie. Sebagai market leader mie instant, Indomie mendapat pukulan cukup telak dari Mie Sedaap, pendatang baru yang mengincar konsumen anak muda.

“Matari Ad harus merancang kampanye yang mampu membendung gempuran yang sangat agresif dari pendatang baru ini, sehingga Indomie bisa tetap bertahan dan memperkuat posisi sebagai market leader.

 

THE SOLUTION

Matari Ad merancang rangkaian kampanye yang konsisten untuk memperkuat posisi sebagai market leader. Puncaknya adalah kampanye Indomie SATU SELERA UNTUK SEMUA yang memikat hati masyarakat Indonesia.

Untuk mendekati anak muda, menggunakan medium activation “Indomie Jingle Dare,” lomba pembuatan jingle tahunan dengan peserta anak-anak SMA dan dilakukan secara roadshow dari kota ke kota, di beberapa kota besar di Indonesia.

 

THE RESULT

Ketika banyak market leader kewalahan menghadapi serangan yang cukup dahsyat dari pendatang baru atau pesaing, Indomie tetap eksis dan berhasil keluar dari persaingan ketat tersebut, sekaligus memantapkan diri sebagai market leader mie instant.

Kampanye SATU SELERA UNTUK SEMUA mendapat respon sangat positif, hal ini terbukti dengan banyak awards yang diterima.

Awards tersebut merupakan buah dari fokus dan konsistensi Indomie ketika berkomunikasi dengan konsumennya. Tampil dengan look yang diremajakan, sekaligus memperkuat posisinya sebagai brand pilihan keluarga Indonesia.